Home / kesehatan / Bagi Kesehatan, Ini Dia Manfaat Traveling

Bagi Kesehatan, Ini Dia Manfaat Traveling

Seperti yang diketahui, traveling merupakan sebuah aktivitas yang melelahkan meski didalamnya ada rasa kesenangan tersendiri bagi si penyuka traveling. Namun, ternyata traveling memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Ini dia 5 manfaat traveling bagi kesehatan :

  1. Meningkatkan rasa empati

    Menurut Wallace J Nichols, pengarang buku Blue Mind. menilai bahwa seorang yang suka traveling akan meningkatkan rasa empatinya terhadap manusia lain. “Kerap dihubungkan dengan rasa kagum dan takjub, air mampu menambah rasa empati dan gairah manusia, membenahi hubungan dengan diri sendiri serta dengan orang lain. Untuk musisi semacam Pharrell Williams serta ahli saraf, Oliver Sacks, bertraveling dekat dengan elemen air adalah sumber kreativitas,” ujar Wallace.

  2. memperoleh kembali bentuk badan yang kita mau

    Sejumlah orang mungkin menilai bahwa liburan bukan kesempatan yang bagus untuk melakukan olahraga. Tapi, seorang traveler faktanya malah lebih aktif ketimbang mereka yang sehari-hari hanya duduk bekerja saja. Tak cuma itu, aktivitas di tempat anyar, semacam mendaki gunung, dapat juga diajajl. Ada juga sejumlah penginapan yang memberikan pusat kebugaran agar para tamu tetap fit, kendati tengah jauh dari kampung halaman.

    3. Menyatu dengan lingkungan anyar dan mengurangaai rasa stres

    Dr Margaret J King, selaku direktur Center for Cultural Studies & Analysis, mengungkapkan, bahwa traveling punya cukup banyak manfaat. Yang paling umum yakni dapat mengurangi stres. Ada banyak perubahan psikologis yang terjadi ketika seseorang berpindah dari rumah ke “tempat hiburan” yang belum diketahui untuk mendapati sebuah pengalaman anyar.
    “Manusia selalu mengharapkan hal-hal anyar, dan travel memberikan hal baru nan lengkap lantaran dapat melihat semua hal yang baru, mendengar suara dan pemandangan yang belum dilihat insan sebelumnya,” ujar Margaret.

  3. Waktu beristirahat

    Kurang tidur yang berhubungan dengan kondisi stres mampu membuat konsekuensi negatif yang memberi pengaruh kemampuan kognitif serta efisiensi manusia. Ketua National Sleep Foundation (NSF), Max Hirshkowitz, menyatakan, bahwa liburan adlaah hal yang amat baik untuk membayar utang tidur yang sering kita buat. Agar nampak lebih berenergi, NSF memberi saran, kita sebaiknya tidur selama tujuh jam per harinya.

  4. Meningkatkan mood

    Diamond Resorts International dalam sebuah survei yang dilangsungkan tahun 2014 lalu menyatakan bahwa lebih dari tiga seperempat responden mengaku bahwa mereka merasa lebih merasa bahagia kalau memplanning perjalan setidaknya satu tahun sekali. dr Leigh Vinocur selaku Psikiater dan juru bicara American College of Emergency Physicians, tak kaget dengan hasil survei diatas.

    “Menentukan waktu liburan sendiri atu bersama keluarga dapat mengurangi kadar tingkat stres manusia, dan membuang semua hormon stres yang berdampak buruk kepada kesehatan kita,” ujar Leigh. Sejumlah hasil studi juga menampilkan bahwa momen bagus ketika liburan mamou memberi kebahagiaan lebih lama untuk kita.

About admin