Home / indonesia / Harga Bahan Baku Mahal, Pengusaha Ikan Mengeluh

Harga Bahan Baku Mahal, Pengusaha Ikan Mengeluh

Dalam beberapa waktu terakhir ini, sejumlah bahan baku memang mengalami kenaikan. Ini tentunya jadi momok tersendiri bagi perekonomian di Indonesia, dimana kenaikan bahan baku tak diiringi oleh kemakmuran rakyat. Salah satunya ialah bahan baku pakan ikan yang naik, yang lantas membuat para pengusaha ikan banyak yang mengeluh karena pemasukan mereka juga tak berimbang dengan bahan baku yang dibeli.

Denny Indrajaja selaku Ketua Divisi Pakan Aqua Culture Gabungan Perusahaan Makanan Ternak, memaparkan bahwa, industri pakan ikan saat ini sudah sangat sulit dan hampir tak mungkin untuk bisa menurunkan harga lantaran bahan baku juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Kami semua tahu dan menyadari bahwa harga pakan yang protein 32% saja bahan bakunya Rp 7.500/kg, kini harganya sudah naik jadi Rp 9.000/kg. Nah itu kan sudah tidak bisa dirubah-rubah lagi kan,” ungkap Denny saat ditemui di kantor KKP, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, hari Selasa (8/12/2015) kemarin siang.

“Misal ya yang jenis protein 32% cuma dapat digunakan untuk lele, itu harus yang kolamnya berjumlah banyak, atau yang dalam skala industri. Jika ada peternak yang cuma memiliki 2 kolam di belakang rumah memang bisa untung, akan tetapi tipis sekali,” ujar Denny. Jikalau pabrik menyuruh bikin pakan dengan harga sebesar Rp 5.000-6.000/kg sekarang udah gak mungkin bisa. Meskipun bisa, otomatis kualitas pasti akan turun,” tandasnya.

About admin