Home / indonesia / Inilah, Faktor Gagalnya Pelajar Gagal Raih Beasiswa Ke Luar Negeri

Inilah, Faktor Gagalnya Pelajar Gagal Raih Beasiswa Ke Luar Negeri

Seperti yang diketahui, bahwa setipa pelajar memang selalu menginginkan untuk mampu kuliah ke luar negeri, dengan mendapat beasiswa agar biayanya lebih murah. Akan tetapi, tentunya tak muda untuk mendapatkan tiket beasiswa ke luar negeri kalau upaya kita setengah-setengah.

Faktanya, memang banyak calon penerima beasiswa terpaksa mengurungkan impiannya karena tak mau gasih jawaban yang meyakinkan di lembar motivation letter atau surat motivasi. Padahal, harusnya isi surat motivasi itu dapat membuat seorang calon penerima beasiswa jadi lebih bagus dari calon penerima lainnya.

Tapi anehnya, umumnya calon asal Indonesia tak begitu paham sehingga kerap kali mengisi semau sendiri tanpa kesan yang istimewa. Indy Hardono selaku Koordinator Beasiswa Nuffic Neso di Indonesia, berbicara pada Kompas.com, Rabu lalu, bahwa banyak calon gagal lantaran tidak mampu memberikan ilustrasi soal relevansi antara program studi yang dipilih dan yang ingin ia lakukan usai lulus kuliah dengan memakai beasiswa.

“Bahkan, herannya yang melakoni tindak plagiat atau dengan sebutan “copy paste” dari surat motivasi lembar orang lain juga masih ada. Sangat disayangkan,” kata Indy. “Contoh nih ya, si A kepengen kuliah S-2 di Inggris agar jenjang kariernya jadi lebih baik. Cuma itu yang dituliskan di surat motivasinya. Kemudian, jika karirnya naik, memang urusan siapa. Ini adalah pernyataan yang egois sekali. Lain hal jika dia tuliskan, misalnya, memiliki passion di bidang pendidikan dan ingin memajukan pendidikan di Indonesia secara lebh jelas da spesifik,” tambahnya.

About admin