Home / unik / Kain Tenun Alor Indonesia Buat Orang Jepang Dan Jerman Terpesona

Kain Tenun Alor Indonesia Buat Orang Jepang Dan Jerman Terpesona

Seperti yang diketahui, bahwa Indonesia memiliki pesona batik yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batik masing-masing. Namun, dikabarkan bahwa orang Jepang dan Jerman sedang terpesona dengan kain tenun buatan Pulau Alor yang mana memiliki kualitas yang bagus dan nilai artistik yang dirasa lumayan tinggi.

Motif kain tenun dari Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur, dapat dikatakan cukup sederhana. Juga tak begitu rumit dan juga tak begitu laris daripada kain tenun dari NTT lain. Akan tetapi, siapa sangka, saat ini popularitas tenun Alor semakin eninggi, khususnya sejak para pembeli dari Jepang dan Jerman mengincar kain yang kuat dengan sentuhan etnik dan budayanya itu.

Kedatangan kain tenun Alor di gelar pesta wastra nusantara, tak dapat ditepiskan adalah hasil kerja keras salah satu perajin wanita yang berada dari NTT, yakni Sariat Libana. Sariat yang kerap kali disapa dengan Mama Sariat, sangat ulet dalam menggali kekayaan alam dari NTT untuk memperindah hasil tenun dari Pulau Alor tersebut.

Melalui sejumlah eksperimen, wanita yang tak mampu duduk di bangku sekolahan ini menemui pewarna dari sejumlah bahan alami yang ada di Pulau Alor. “Ada sebanyak tujuh jenis rumput laut yang bisa dipakai untuk sebagai pewarna alami kain,” kata Sariat yang didatangi di toko kain Murah Tenun Ikat NTT, jalan Thamrin City, Jakarta Pusat Sabtu (5/12/2015) siang WIB tadi.

About admin