Home / internasional / Kapal Angkatan Laut AS Mengerjakan Transit Lewat Selat Taiwan

Kapal Angkatan Laut AS Mengerjakan Transit Lewat Selat Taiwan

Kapal Angkatan Laut AS Mengerjakan Transit Lewat Selat Taiwan – Militer Amerika Serikat mengerahkan dua kapal angkatan lautnya untuk berlayar melalui Selat Taiwan, Rabu (22/5).

Seseorang jubir Armada Ke-7 (7th) Angkatan Laut AS, Clay Doss, mengemukakan ke-2 kapal itu ialah kapal perusak Preble serta kapal tanker minyak AL Walter S Diehl.

“Kapal-kapal itu mengerjakan transit lewat Selat Taiwan untuk mendemonstrasikan prinsip AS pada kebebasan serta keterbukaan (bernavigasi) di lokasi perairan Indo-Pasifik,” kata Doss lewat pengakuan terhadap Reuters.

Doss menyatakan semua manuver serta hubungan yang dijalankan ke-2 kapalnya itu aman serta profesional.
Disamping itu, Taiwan menyebutkan angkatan bersenjatanya selalu memonitoring gerakan ke-2 kapal AL AS itu. Taipei menyatakan tidak ada beberapa hal yang tidak biasa dijalankan ke-2 kapal AS itu sepanjang melalui perairannya.

Tapi, pelayaran ke-2 kapal AS ini diprediksikan dapat mengakibatkan amarah China yang sedang berseteru dengan Negeri Paman Sam berkenaan perang dagang.

Kecuali problem perang dagang serta klaim China di Laut China Selatan, Taiwan pula berubah menjadi satu diantara ganjalan dalam rekanan Washington serta Beijing.
China melihat Taiwan jadi lokasi pembangkang karena pingin memisahkan diri dari negaranya.

Beijing seringkali mengintimidasi memutuskan interaksi diplomatik dengan beberapa negara yang punyai rekanan sah dengan Taiwan serta sewaktu bertepatan pula terjalin dengan Beijing.

Disamping itu, Taiwan merasa pelayaran dua kapal AS ini jadi bentuk support Washington pada pemerintahannya sewaktu pertikaian di antara Taipei-Beijing pula tengah menghangat.

Dilansir Reuters, kapal perang AS melalui Selat Taiwan sekurang-kurangnya 1bulan sekali sejak mulai awal tahun ini. Pada Juli 2018 lalu, Washington menyatakan militer dapat merutinkan operasi pelayaran ini.

Walaupun AS gak punyai interaksi diplomatik dengan Taiwan, namun dibawah Taiwan Relation Act, Negeri Paman Sam berkewajiban dibawah hukum mendukung Taipei dalam soal pertahanan serta keamanan.

AS pula adalah sumber khusus persenjataan serta alat pertahanan Taiwan. Pentagon menuturkan AS udah jual senjata sejumlah lebih dari US$15 miliar sejak mulai 2010 terhadap Taiwan.

About penulis77