Home / indonesia / Kini, Dinding Candi Borobudur Dilapisi Zat Kimia Dari Jerman

Kini, Dinding Candi Borobudur Dilapisi Zat Kimia Dari Jerman

Seperti yang diketahui, bahwa bangunan Candi Borobudur adalah bangunan yang sangat lama sekali. Maka dari itu, pihak pengurus candi harus jeli dalam merawat warisan nenek moyang yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia tersebut. Lapora terkini, untuk merawat dinding candi Borobudur tersebut ternayat menggunakan bahan kimia yang didatangkan dari Jerman akan bangunan tetap awet.

Balai Konservasi Borobudur (BKB) saat ini tengah melapisi semua dinding Candi Borobudur yang mengalami kebocoran dengan zat alardit yang dibeli dari negara Jerman. Perbaikan kini fokus di sisi timur candi Buddha teragung di dunia tersebut.

“Misi kami tengah November tahun ini atau sebelum musim penghujan, proses perbaikan telah selesai semua. Kini tengah berjalan 60 persen,” ungkap Yudi Suhartono selaku Koordinator Pemeliharaan BKB, hari Minggu di Borobudur. Yudi menjelaskan, bahwa kebocoran terjadi di dinding lorong I di tingkat IV sisi timur candi peninggalan dari Raja Samaratungga dari Dinasty Syailendra tersebut.

Yudi juga mengaku, sesdah pemugaran kedua, kebocoran candi Borobudur kian kerap terjadi. Perbaikan kebocoran menjadi salah satu tindakan untuk mengantisipasi terjadinya pengikisan batuan. “Jika dinding candi bocor mengakibatkan batu struktur candi jadi basah dan gampang untuk ditumbuhi lumut, jamur, serta efek yang paling berbahaya yakni batu mengalami kelapukan,” papar Yudi.

About admin