Home / berita umum / Spesialis Pembobol Uang Lewat Alat EDC di Riau Ditangkap Polisi

Spesialis Pembobol Uang Lewat Alat EDC di Riau Ditangkap Polisi

Spesialis Pembobol Uang Lewat Alat EDC di Riau Ditangkap Polisi – Pemeran pembobol uang di BNI inisial HG (37) diamankan polisi. Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau itu mempunyai keterampilan privat membobol uang melalui alat elektronik data capture (EDC).

“Terduga udah kita proses serta surat perintah dimulainya penyelidikan (SPDP) udah kita kirim ke kejaksaan. Pemeran kita tangkap 21 Oktober 2018 atas laporan dari pihak BNI di Pekanbaru,” kata Direktur Reserse Kriminil Privat (Reskrimsus) Polda Riau, Kombes Gidion Bijaksana Setyawan, Jumat (26/10/2018).

Gidioan menuturkan, pemeran adalah masyarakat Kuansing yg mempunyai toko elektronik. Hingga di toko milik dia ada alat EDC BNI.

Terduga dengan memakai kartu ATM BNI 46 kerjakan transfer melalui alat EDC. Transper yg ia kerjakan ke rekeningnya sendiri ke Bank Mandiri, BRI Syariah serta ke rekening istrinya BCA.

Transfer uang ini dikerjakan mulai sejak 3 sampai 6 Oktober dengan nominal yg tidak sama. Keseluruhan transper yg dikerjakan sejumlah Rp 563 juta.

“Tetapi dalam transper itu, ia dapat bikin status transfer dari rekening gagal. Namun sebetulnya uang udah dapat ditransfer ke rekening maksud. Nilai uang di rekeningnya tidak menyusut,” kata Gidion.

“Kita mengambil alih beberapa barang untuk bukti beberapa ATM, buku rekening, alat EDC, laptop dalam rumah pemeran. Ada uang tunai Rp 125 juta ,” kata Gidion.

Uang hasil kejahatan transaksi eletronik ini, diperlukan pemeran buat beli mobil, beli bahan bangunan buat bangun ruko, serta membayar utang di BRI sebesar Rp 250 juta.

“Terduga kita jerat UU No 3 Tahun 2011 terkait Transfer Dana,” tutup Gidion.

About admin